Cara Memilih (membeli) Hard Disk External

Standard

Kapasitas (kapasitas simpan file maksimal). Sebelumnya saya juga kebingungan mencari source tentang tips membeli untuk membeli hard disk external yang berkualitas bagus. Awal bulan Februari saya mulai merasa butuh untuk memiliki hard disk baru, mengingat akan banyak software yang saya akan install di laptop saya. Saya mulai searching informasi tentang merk HDD external yang bagus, serta tempat membelinya.

Sebelum membeli HDD portablel ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal, yaitu:

1. Kapasitas (kapasitas simpan file maksimal)
Kapasitas simpan harddisk portabel bervariasi, dimulai dari 40GB sampai 500GB. Namun kini juga sudah muncul harddisk portabel yang daya tampungnya mencapai 1,5TB (terabyte). Jika Anda banyak bekerja dengan file video dan grafis, kami sarankan untuk memilih harddisk portabel dengan kapasitas terbesar yang bisa Anda beli. Selain ditujukan sebagai suplemen harddisk di komputer desktop, kebanyakan harddisk portabel kini justru membidik pasar pengguna notebook dan netbook (mini notebook). Harddisk portabel yang ditujukan pada notebook/mini notebook hadir dalam dua ukuran: 2,5” dan 1,8”. Namun Anda juga tidak dilarang memilih yang berukuran 3,5”, kendati yang satu ini lazimnya ditujukan pada PC desktop. Tentu kenyamanan membawa-bawanya akan berbeda. Selain itu, harga harddisk portabel 1,8” pasti lebih mahal dibandingkan yang 2,5”, kendati keduanya berkapasitas tepat sama.
2. Kecepatan putar drive
Kecepatan putar disk sebagian ditentukan oleh kecepatan laju data, dan dinyatakan dalam rpm (rotation per minute). Umumnya harddisk portabel berputar pada kecepatan 5400rpm. Akan lebih baik jika kecepatannya mencapai 7200rpm.
3. Besar buffer atau cache
Besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di-cache, atau disimpan yang bisa ditangani oleh sebuah drive ketika menanti permintaan (request) berikutnya dari sistem. Besarnya buffer berkisar dari 2MB – 16MB. Semakin besar ukuran buffer, semakin banyak data yang bisa disimpan dan semakin cepat pengantaran datanya. Namun semakin besar ukuran buffer yang dikemaskan sebuah harddisk portabel, akan semakin mahal pula harga harddisk portabel tersebut.
4. Fitur Recovery
Pilihlah harddisk portabel yang dilengkapi dengan fitur backup and recovery. Fitur ini berguna di saat file-file Anda mengalami kerusakan atau korupsi data akibat hilangnya asupan listrik secara tiba-tiba, atau pun akibat serangan virus. Melalui fitur recovery, Anda akan bisa memulihkan data yang hilang/rusak.
5. Kemampuan PnP (plug and play)
Tancapkan kabelnya dan harddisk portabel langsung bisa dipakai tanpa perlu instalasi driver atau software apa pun, begitu maksud PnP. Kemampuan PnP khususnya diperlukan jika Anda menggunakan satu harddisk portabel di beberapa komputer – PC di kantor, netbook di luar kantor, atau notebook di rumah. Tapi untuk beberapa hardisk external juga menyediakan software yang bisa diinstall (bukan harus diinstal) agar kita dapat menikmati fitur-fitur yang disediakan dari HDD tersebut.
Setelah itu, mulailah kita untuk memilih beberapa merk berkualitas untuk dijadikan referensi merk apa yang harus kita pilih. Nah, berikut beberapa referensi yang saya peroleh dari bermaca-macam source:
SEAGATE :
- HD segate memiliki garansi International 5 Tahun dan Garansi Lokal 3 Tahun,tergantung toko yng jualnya,bisanya cuma dikasih 1 thn aja,hati² dg Hard Disk yang tidak memiliki garansi resmi (Black Market = BM)
- Awet utk 24 jam
- Garansi service/replace cepat tergantung stok tokonya
- Harga relatif tergantung kurs dolar sama tokonya
- Pilihan SATA/ATA, kalo bisa pake yang SATA lebih cepat
- rpm 5400-7200, cache 8-16MB
- Agak panas krn rpm tinggi
Western Digital (WD) :
- Garansi 1 sampe 3th,,tergantung toko yng jualnya,biasanya cuma dikasih 1 tahun aja.
- 24 jam kurang bagus, tp utk tipe yang baru lumayan lah
- Harga relatif lebih murah
- Pilihan SATA/ATA,kl bisa pake yang SATA lebih cepat
- rpm 5400-7200,cache 8-16mb
- Lebih dingin dan tdk brisik
*nb: udh ada yng pernah nyoba yang produk lama, pengalamannya: pake 1th kena badsector
MAXTOR :
- Maxtor memiliki garansi Lokal 2 tahun dan 3 tahun garansi International,tergantung toko yng jualnya, biasanya cmn dikaseh 1 thn aja,hati² dg Hard Disk yang tidak memiliki garansi resmi (Black Market = BM)
- 24 jam kurang bagus
- Harga relatif dibawah seagate
- Pilihan SATA/ATA, kalo bisa pake yang SATA lebih cepat
- rpm 5400-7200
- pengalaman error sering kena maxtor arena (error boardnya)
- agak panas
- Rekomendasi HDD paket hemat -
Hitachi :
- Garansi 1 sampe 2tahun, tergantung toko yang jualnya, biasanya cuma dikasih 1 tahun aja
- 24 jam bagus
- Harga relatif dibawah seagate
- Pilihan SATA/ATA,kl bisa pake yang SATA lebih cepat
- rpm 5400-7200 cache 8-16mb
- Pengalaman error belom ada
Vote (recommended):
Seagate
Western Digital (WD)
Vote (alternative):
Hitachi
Maxtor
Selain itu, setelah memutuskan untuk memilih merk apa, kita tinggal memilih untuk beli dimana..
- Untuk membeli langsung, saya sarankan untuk membeli di Mangga Dua Electronic Centre. Karena toko-toko yang ada menawarkan harga yang terjangkau.
- Bisa juga langsung ke Glodok Electronic Centre, atau kunjungi websitenya di http://www.glodokshop.com
- Untuk pemesanan dan diantar (biasanya untuk pemesanan luar kota), saya sarankan untuk mengunjungi website:  www.bhinneka.com
Eitss, sebelum membawa pulang barang belanjaan Anda, ada baiknya anda memeriksa kelengkapannya terlebih dahulu. Berikut merupakan isi paket standard dari sebuah HDD:
- HDD Portable/External drive
- HDD software pre-loaded on drive (Windows only)
- User Manual
- USB Cable
- Firewire Cable (jika support Firewire, jika tidak cukup USB Cable saja)
Mohon maaf jika terjadi kesalahan baik dalam penulisan maupun informasi. Semoga bermanfaat :)

9 thoughts on “Cara Memilih (membeli) Hard Disk External

  1. istiaprillani

    cheap bali villa accommodation:
    wah kalo “modem” ext, aku gatau tuh sizenya berapa aja :)
    tapi kalo nanya HD ext, aku taunya paling kecil itu sizenya 40gb, dan yang paling gede bisa sampe 1,5 terra :D

  2. istiaprillani

    merk Samsung juga bagus tuh, tau setau aku lbh bagus yg HD internalnya. Samsung yang externalnya belom ada yang sharing tuuh :D
    kayanya jarang yang pake gitu..

  3. istiaprillani

    temen aku ada yang beli wd 1 terra juga. kyknya sih kl kualitas mah sama aja kyk seagate. sekarang tergantung si pembeli aja :D

  4. istiaprillani

    mungkin lebih ke ngerangkum apa yg udah di share sm temen temen blogger lainnya kali yaa dibanding dibilang copy-paste. soalnya kan agak gak mungkin juga seseorang itu “nyobain” seluruh hardisk dengan berbagai merk dan kapasitas hanya demi nulis satu postingan blog.
    ya kalo pembaca cerdas mungkin bisa ngerti apa dan gimana maksud si penulis “membagi” suatu tulisan. bukan langsung men-judge atau tindakan tidak menyenangkan lainnya :p thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s