Pertolongan Pertama pada MacBook Kamu!

Image

Jika kamu mengalami masalah saat menggunakan MacBook, biasanya tersedia solusi mudah dan cepat. Ingat kembali kondisi yang muncul sebelum masalah terjadi. Mengingat kegiatan yang kamu lakukan sebelum masalah terjadi akan sangat menentukan kemungkinan penyebab dan menemukan jawaban yang diperlukan.

Yang diperlu diingat adalah:

–       Aplikasi yang sedang dibuka saat masalah terjadi. Masalah yang terjadi saat aplikasi tertentu dibuka menunjukkan bahwa aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan versi Mac OS yang diinstal di komputer.

–       Perangkat lunak baru yang diinstal, terutama perangkat lunak yang mengakibatkan item di folder System berubah.

–       Perangkat keras yang dipasang, seperti memori tambahan atau peripheral.

Masalah yang menyebabkan MacBook tidak dapat digunakan

Jika MacBook tidak dapat merespon atau petunjuk tidak bergerak

Pada kasus yang jarang terjadi, aplikasi dapat membeku dilayar. Mac OS X memberikan cara untuk menutup aplikasi yang membeku tanpa harus menghidupkan ulang computer.

Untuk menutup aplikasi secara paksa:

  1. Tekan Command-Option-Esc atau pilih Apple > Force Quit
  2. Selanjutnya simpan pekerjaan kamu pada aplikasi lain yang terbuka, lalu hidupkan ulang computer.
  3. Jika masalah sering terjadi, pilih Help > Mac Help. Cari kata ‘freeze’ untuk mendapat bantuan saat computer membeku atau tidak merespon.

Jika MacBook membeku saat proses pengaktifan berlangsung, tanda Tanya berkedip muncul di layar, atau layar tampak gelap dan lampu indicator tidur menyala stabil (tidak dalam modus tidur)

Tanda Tanya berkedip biasanya menunjukkan bahwa computer tidak dapat menemukan perangkat lunak system di hard disk atau disk lainnya yang terpasang di computer.

–       Tunggu beberapa detik. Jika computer tidak hidup maka matikan dengan tombol Power selama 8-10 detik. Lepas semua peripheral eksternal, lalu coba hidupkan ulang computer dengan tombol Power sambil menekan terus tombol Option.

Saat computer dalam proses pengaktifan, klik ikon hard disk, lalu klik tanda panah kanan. Setelah computer hidup, buka System Preferencesm lalu klik Startup Disk. Pilih folder Mac OS X System Lokal.

Jika MacBook tidak dapat dihidupkan:

Ikuti saran berikut berurutan hingga computer hidup:

  1. Pastikan adaptor daya tersambung ke computer dan ke stopkontak. Jika adaptor daya berhenti mengisi daya dan lampu indicator pada adaptor menyala saat kabel daya disambungkan, coba lepas dan sambungkan kembali untuk membenarkan posisinya.
  2. Jika masalah tetap berlanjut, atur ulang Manajer Daya MacBook (sambil menyimpan file) dengan menekan tombol Shift-Option(alt) kiri-Control kiri-tombol Power secara bersamaan selama 5 detik hingga computer dihidupkan ulang.
  3. Tekan tombol Power, lalu segera tekan tombol Command-Option-P dan R secara bersamaan hingga kamu mendengar suara pengaktifan ulang untuk kedua kalinya. Tindakan ini kan mengatur ulang parameter RAM (PRAM)

Menggunakan Apple Hardware Test

Jika terdeteksi masalah pada perangkat keras MacBook, kamu dapat menggunakan aplikasi Apple Hardware Test untuk mengetahuinya.

  1. Lepas semua perangkat eksternal, kecuali adaptor daya
  2. Hidupkan ulang MacBook sambil menekan tombol D
  3. Saat layar Apple Hardware Test muncul, pilih bahasa yang akan digunakan
  4. Tekan tombol Return atau klik tombol tanda panah kanan
  5. Jika layar Apple Hardware Test muncul (sekitar 45 detik) ikuti petunjuk pada layar
  6. Jika Apple Hardware Test mendeteksi masalah, kode kesalahan akan ditampilkan. Catat kode tersebut sebelum meneruskan ke pilihan dukungan. Jika Apple Hardware Test tidak mendeteksi gangguan pada perangkat keras, mungkin masalah terdapat pada perangkat lunak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s