Bunda Lisa: Samudra dan Angkasa yang Bernyanyi Memeluk Mimpi

Bunda Lisa

Bunda Lisa: Samudra dan Angkasa yang Bernyanyi Memeluk Mimpi

Penulis: Jombang Santani Khairen

Editor: Hermawan Aksan

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Cetakan: Pertama, Februari 2014

Tebal: XIII + 268 halaman

ISBN: 978-602-03-0223-2

 

 

 

 


Bunda Lisa sebagai sosok wanita tegar, pantang menyerah, dan penuh cinta digambarkan oleh penulis muda Indonesia, yaitu Jombang Santani Khairen, melalui kisah perjuangan Bunda Lisa yang penuh dengan rintangan dan pengorbanan namun selalu optimis dan yakin bahwa Tuhan tidak memberikan ujian diluar batas kemampuan umatnya.

Didalam bukunya ini, penulis mengulas tentang tekad dan keyakinan kuat Bunda Lisa untuk menciptakan nilai-nilai kebaikan pada kehidupan sehari-hari. Penulis yang menggunakan sudut pandang orang pertama akan membawa pembaca untuk melibatkan perasaannya dan merasakan situasi yang sedang dihadapi Bunda Lisa, seolah membuat pembaca termotivasi untuk menjadi Bunda Lisa.

Semua berawal dari mimpi ketika Bunda Lisa memiliki tekad yang kuat untuk berjuang dan mewujudkan mimpinya namun harus dihadapkan pada pilihan yang sulit, termasuk pilihannya untuk tinggal di pinggiran Jakarta ketika kembali dari Amerika Serikat. Pembaca akan dibawa pada alur cerita yang mundur dimana penulis mengajak pembaca untuk menelusuri cikal bakal keputusan yang  diambil oleh Bunda Lisa untuk mendirikan sekolah Kutilang dan melihat kaitannya secara menyeluruh dengan mimpi serta pengorbanan Bunda Lisa untuk suami dan anak-anaknya.  Sehingga pembaca akan merasakan bahwa kemapanan yang diperoleh pada akhirnya merupakan buah hasil yang sesuai dengan perjuangan yang telah dilakukan sebelumnya.

Tidak hanya memperjuangkan cintanya kepada keluarga, Bunda Lisa juga memperjuangkan cinta dan mimpinya untuk sesama. Kegelisahan Bunda Lisa pada pendidikan dan kesehatan yang tidak memadai di lingkungan sekitarnya menjadi dasar yang menggerakkan hati Bunda Lisa untuk melakukan sesuatu, yang tentunya tidak lepas dari dukungan sang suami. Tidak hanya sekolah Kutilang, Bunda Lisa mewujudkan mimpinya tersebut dengan mendirikan posyandu dan taman baca bagi anak-anak yang kurang mampu.

Kisah mengharukan dan inspiratif yang disajikan oleh penulis sangat baik untuk dibaca oleh remaja dan dewasa baik perempuan maupun laki-laki. Bukan hanya sosok Bunda Lisa yang dapat menginspirasi para wanita, tetapi juga sosok sang suami, yaitu Profesor, yang selalu mendukung sang istri untuk berjuang mewujudkan mimpinya patut ditiru oleh para laki-laki. Selain itu Novel ini juga mengangkat indahnya keharmonisan yang dibangun diatas perbedaan, yang kemudian diterapkan Bunda Lisa pada sekolah Kutilang miliknya. Sehingga baik bagi para orang tua untuk menemukan cara dalam mengajarkan kepada anak-anaknya tentang toleransi dan menghormati perbedaan.

 Oleh Isti Aprillani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s