Telkom_Indonesia_2013.svg

Pengalaman Tes PT. Telkom, 2016

Kali ini gue akan share tentang tahapan tes rekrutmen di PT. Telkom melalui jalur web. Ini berdasar pengalaman gue ikutan proses rekrutmen-nya di Gelombang I

Periode pendaftaran: 1 s/d 31 Des 2016
Periode tes: 5 Feb s/d 28 Maret 2016
Pendaftaran online bisa kamu lakukan di website rekrutmen resmi Telkom, yaitu:
http://rekrutmen.telkom.co.id

Bagi kamu yang udah pernah punya akun, bisa tinggal di update data-nya aja (misal update nilai TOEFL, dll). Dan juga untuk yang belum pernah, bisa langsung create new account yah..

Untuk tahu lowongan apa aja yang sedang dibuka oleh Telkom Group (mulai dari PT. Telkom nya sendiri atau anak-anak perusahaannya seperti Infomedia, Telkom Akses, Sigma, dll) bisa dibuka di tab “Job Vacancy”.

Ketika ada lowongan yang memang sedang dibuka, kamu bisa langsung klik “Apply” untuk melamar di posisi tersebut.

Nah, langsung aja yah ke tahapan tes rekrutmennya:

Seleksi Administrasi

Setelah kamu apply lowongan di website nya Telkom, kamu perlu menunggu hingga 1 bulan lebih untuk mendapat hasil seleksi administrasinya. Kalau bisa dipenuhi aja syarat yg diminta, termasuk nilai TOEFL nya. Karna gue juga gatau pertimbangan penilaian lolos seleksi administrasi ini apa. Tapi selama berkas online kalian masuk ke databasenya Telkom dan syarat lain terpenuhi, gue yakin kalian lolos.

Seleksi Tahap I (Online Assessment)

Tahap ini terbagi menjadi 2 sesi yang berlangsung selama 5 hari berturut-turut.

Sesi 1:

Data Confirmation
Disini kita akan diminta untuk login pada link diberikan melalui email, dan disitu akan tampil data nama, nomor test, dan posisi yang dilamar. Jika ada yang berbeda bisa langsung di update oleh kalian. Dan di tahap ini juga ada 1 pertanyaan yang dijawab esay mengenai alasan kamu untuk bergabung dengan Telkom Group.

Sesi 2:

Sesi 2 ini berlangsung selama 1 minggu. Jadi 1 hari-1 tes, misal: dari senin-kamis. Waktu pelaksanaan tesnya bervariasi, sekitar 1-1.5 jam. Urutan tes dan waktu pelaksanaannya akan  diberitahu dengan jelas di undangan nya (email) kalau lolos ke tahap berikutnya.

  • General Cognitive Ability Test
    Tes ini bisa dibilang psikotes dasar yang isinya macem-macem. Seperti: bangun ruang, deret angka, sinonim dan antonim kata, dll.
  • English Ability Tes
    Nah, ini tes menurut kami seangkatan GPTP Batch-3 adalah tes tersulit. Karena kita akan berfikir kalau ini tes semacam TOEFL yang biasa kita lakukan. Tapi ternyata tes bhs Inggris versi Telkom ini mirip sama tes GMAT (ada structural dan writtennya, tapi lebih banyak case analysis in English nya). So be ready!
  • Knowledge Assessment
    Untuk tes ini lebih kepada tes sesuai bidang kita masing-masing sesuai dengan posisi yang kita lamar. Misal, gue apply utk jurusan M&B, maka soal-soal tesnya seputar teori ilmu manajemen, pemasaran, keuangan, dll. Dan begitu pula untuk yang ngelamar jurusan Teknik Industri, Telekomunikasi, Informatika, dll. Jadi baca-baca lagi buku/materi pelajaran kamu semasa kuliah ya…
  • Telkom Way Assessment
    Tes ini semacam untuk menguji apakah kepribadian kita sejalan dengan nilai-nilai dan budaya yang ada di Telkom. Untuk tes ini, bisa dijawab jujur aja sesuai dengn pribadi masing-masing.

Seleksi Tahap II

Tahap ini menjadi 2 bagian, yaitu:

  • Online Interview
    Pada tahap ini kamu akan menerima email lanjutan tentang sistematika cara interview online nya (yaitu menggunakan aplikasi apa, siapain tools apa aja di laptop kamu). Dan juga akan dikirim SOP dari aplikasinya biar memudahkan kamu untuk instal dan menggunakan aplikasi tsb. Setelah itu, ada waktu yang disediakan khusus agar kamu bisa “test room”, dari sisi aplikasinya dan sinyal dari tempat kamu. Tujuannya sih supaya pas interview benerannya ga kagok.
    Lalu, terakhir ada email lg mengenai jadwal kamu 0nline interview, dan dengan siapa kamu akan diinterview. Tenang aja kalau online interview kamu terhalang sinyal yang putus-putus, karena kalau interviewer nya ngerasa udah ga memungkinkan video call, mereka akan nelfon ke nomer henfon kalian, jadi disiapin aja hp-nya.
    Online interview ini berlangsung selayaknya interview yang biasa kita jalani,ditanya mengenai kuliahnya, pengalaman kuliah, pengalaman kerja (kalau ada), motivasi, dan pandangan kita tentang Telkom, dan bagaimana cara kita untuk membangun Telkom kedepannya.
  • Giving Information For Telkom Essay (Gift)
    Untuk tahap ini, kita diminta untuk membuat esai mengenai rencana kita kedapannya untuk membangun Telkom. Sistemnya kita bisa login dulu ke webnya untuk lihat soalnya, lalu kita bisa menyusun esainya di Word. Dan kali kedua kita login, kita tinggal copy-paste aja ke field yg disediakan. Dan tambahan info, sebaiknya file essay ini disimpan di Word, karna akan diminta untuk di print pada tahap pengumpulan berkas.
    Dalam jangka waktu submit essay ini, kalian juga akan diminta untuk upload berkas (seperti: ijasah, transkrip, dan toefl) ke websitenya, dan disini kita jg diperbolehkan untuk update data (kalau perlu).

Seleksi Tahap Akhir

Di tahap akhir ini, dibagi menjadi 2 hari berturut-turut. Memang memakan waktu seharian (dari pagi-sore, tergantung nomer giliran), untuk mengikuti semua agenda tesnya, yaitu:
Hari -1
Lokasi: Telkom Corporate University (Corpu), Ged. N, Bandung

  • Psikotes
    Karena tes deret angka, bangun ruang, dll sudah kita lakukan secara online. Maka yg kita lakukan kali ini adalah tes Wartegg dan Pauli. Makanya memang diperlukan kondisi fisik yang baik, biar ga lemes dan ngantuk jangan begadang yaah🙂
  • Interview Panel
    Disini kita akan diinterview oleh 3 orang bapak dan ibu dari Telkom. Pertanyaannya beragam dan berbeda dengan bapak/ibu yg menginterview kita saat online interview. Jadi kemungkinan mengulang pertanyaan dari online interview sebelumnya sangat besar. Yang penting menjawab dengan santai dan tidak gugup.
  • Business Games
    Disini peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok tersebut akan berupaya menyusun strategi untuk mendapatkan/memenangkan suatu tender proyek. Tentu saja dalam persaingan ada yang menang dan yang kalah🙂

Hari-2: Tes Kesehatan
Lokasi: Yakes Telkom, Jl. Sentot Alibasha, Bandung

Semakin pagi kalian datang, semakin cepat kalian beresnya, karena sistem antrian. Dan janagn lupa kalau sebelum tes kesehatan ini, kita tidak boleh makan apapun (puasa), mulai dari jam 10 malam. Tes yang dilakukan diantaranya (seinget gue ya) yaitu:  Cek darah & urine (sebelum makan), cek darah & urine (setelah makan), tes jantung, paru-paru, mata, telinga, dan keseluruhan (atau yang mereka sebut dengan konsultasi) dengan dokter.  Jangan khawatir karena dokernya ada masing-masing untuk wanita dan untuk laki-laki. Dan juga ada pengisian form mengenai riwayat penyakit kita dan orangtua yang perlu diisi. Setelah menyelesaikan rangkaian tes tsb, kalian diperbolehkan langsung pulang kok🙂

Nah, pengumuman untuk yang lolos di tahap akhir ini akan diumumkan sekitar 1 minggu (10 hari waktu pengalaman saya) dari tes kesehatan tsb. Setelah pengumuman tahap akhir tsb, peserta yang lolos akan diminta untuk upload CV ke akun-nya masing-masing di web rekrutmen Telkom.

Next Topic: Pengalaman selanjutnya mengenai Orientasi/OJT di Telkom 

 

115 thoughts on “Pengalaman Tes PT. Telkom, 2016

  1. Nabila Putri says:

    Assalamualaikum Kak Istiaprillani.

    Terimakasih udah share tentang rekrutmen telkom 2016 kak.
    Kak, Aku mau coba juga rekrutmen Telkom Gel. II. Batas akhir 30 Juni 2016.
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah TOEFL ITP adalah syarat mutlak untuk melakukan pendaftaran ?
    2. Apakah sertifikat TOEFL harus di scan dan di upload saat melamar online ?
    3. Berapa syarat minimal score TOEFL nya kak ?
    4. Dari info yg saya dapatkan. Apakah benar TELKOM menyelenggarakan TES TOEFL bagi yg belum memiliki sertifikat TOEFL ?
    5. Bisakah request score TOEFL di lembaga tsb ?

    Mohon dibalas ya kak. Jika bisa saya ingin mendapatkan no.hp kakak utk memudahlah komunikasi. terimakasih banyak kakak🙂 wass.

  2. istiaprillani says:

    Waalaikumsalam.
    Aku coba jawab ya:
    1. Iya, itu syaranya dan kamu harus mencantumkan nilai toefl saat mendaftar online.
    2. Scan toefl dilakukan nanti ditahap akhir, setelah interview kalo ga salah
    3. Nilai min toeflnya 500 utk S1, dan 550 utk S2
    4. Jadi, untuk proses rekruitase keseluruhannya memang ada tes bhs Inggri (lagi) terlepas dari berapa score TOEFL yg dicantumkan diawal.
    5. Request score gimana ya maksudnya?

    Smg info ini membantu ya, makasi🙂

  3. Miranti sedya says:

    Hallo kak mau nanya, apa semua proses tes dan interview semua pake bhasa inggris? Atau pake bahasa indonesia? Terimakasih🙂

  4. Delia says:

    Assalamualaikum Kak, terimakasih sudah share pengalaman tes di Telkom nya, tadi malam saya baru mendapat email bahwa saya lolos seleksi administrasi dan akan ada data confirmation esok hari.
    1. Bisa beri tahu saya lebih detail kak apa saja data confirmation yang harus saya isi?
    2. Lalu untuk general cognitive ability test, english ability tes dan knowledge & telkom way assesment masing-masing di tiap hari nya memakan waktu berapa jam saat pelaksanaan?

    Mohon jawabannya ya kak, terimakasih🙂

  5. Tian says:

    Pagi kak, saya mau tanya. Saya mendapatkan email nama2 yang lolos tahap administrasi untuk rekrutmen telkom gel 2, lalu ada pemberitahuan mengenai seleksi tahap 1. Untuk seleksi tahap 1 semua dilakukan secara online ya? Jd tidak perlu ke bandung?
    Terimakasih kak

  6. istiaprillani says:

    1. data confirmation seingetku ga isi data apa-apa. cuma mencocokkan kalau data (Misal: nama, jurusan/peminatan sesuai)

    2. Pelaksanaan tes online nya macem-macem, ada yg 30 menit dan ada juga yga 1.5 jam

    Semoga bermanfaat.

  7. Nina_ says:

    Selamat Siang Kak Istiaprillani. Saya mau tanya kak. Untuk tes Sesi 2 : Congnitive Abilty tes, English ability, Knowledge Assessment , apa semuanya dilakukan secara online ? Atau ada yg yg diharuskan untuk datang ke Bandung ?
    Terimakasih sebelumnya.

  8. Tian says:

    Kak baru aja sy dikirim email oleh telkom, disitu ditulis jam data confirmation jam 2 besok. Itu apa ada batas waktu pengisiannya?
    Terima kasih kak

  9. istiaprillani says:

    Semua online ya. Datang ke bandung untuk interview panel (interview yg kedua setelah interview online) dan verifikasi data fisik (bawa ijasah dll)

  10. istiaprillani says:

    Ada batas waktu pengisian, cuma lupa sampe brp lama. Tp lebih baik kalo buka linknya ontime, atau 5-10 menit sebelumnya.

  11. Tian says:

    apakah cuma beberapa menit kak untuk data confirmation? Atau cukup lama?
    Terima kasih kak

  12. lina says:

    Assalamualaikum ka isti, mau tanya, untuk pengumuman lolos nya per tahap atau kita ikutin tes sampai tahap akhir? biasanya pengumumannya brp lama ya?
    terimakasih

  13. ardi says:

    kak april dulu saat ditanya alsan kenapa ingin bergabung dengan telkom, pean jawab apa ?
    thx
    kalau jawaban kakak tidak mau dishare bisa inbox fb atau kirim email kak hehe
    fb : ardi tok ae anak UB
    email : muhmawardiansah@gmail.com
    thx ya kakak

  14. Nimas says:

    Setiap tahapnya berapa lama ya pengumuman untuk tahap selanjutnya?
    Untuk data confirmation apakah webnya lancar dan tidak butuh waktu lama? Karena untuk membuka pengumuman tahap I kemarin agak kurang lancar webnya
    Terimakasih infonya kak

  15. Nimas says:

    Oya dan untuk tes bahasa inggris jawabnya pake bahasa inggris juga kan kak? Hehe soalnya tadi kakak bilang seluruh proses pake bahasa indo

  16. istiaprillani says:

    Pengumuman lolosnya per tahap ya. Dan normalnya diumumin 7-10 hari. Tapi bisa juga lebih tapi ga sampe lebih dr 2 minggu.

  17. istiaprillani says:

    Pas data confirmation memang karna traffic nya tinggi, ada beberapa yg memang ga bisa buka web nya. Tapi dicoba aja terus.

  18. Nimas says:

    Memang semua tes di bandung kah kak? Karena kalo tidak salah kmrn kita bs pilih tes di beberapa kota besar. Apa kakak emang pilih di bandung?

  19. Dini says:

    Assalamuailakum kak, untuk tes tahap 1 terdiri dari 4tes, selain dari tes data confirmation apakah 3 tes selanjutnya online?

  20. Ica says:

    Yg di masksud dengan tes kesehatan keseluruhan atau konsultasi dengan dokter itu gimana ya kak?

  21. Ica says:

    Yg di maksud dengan tes kesehatan keseluruhan atau konsultasi dengan dokter itu gmn ya kak?
    Terima kasih

  22. Sarintan Pratiwi says:

    Hai kak isti apriliani,
    Saya mau tanya, waktu itu pernah mengisi lokasi tes. Lokasi tes itu akan menentukan tahap tes tahap akhir? Apakah bisa diubah karena kondisi tertentu? Prosedurnya seperti apa?

  23. Heza says:

    Halo mba, makasih infonya, mau nanya untuk knowledge test yg m&b lebih banyak mengenai apa ya? Atau rata semuanya? Makasih

  24. Nathan says:

    Selamat sore, Kak.. saya ingin bertanya. Tahapan Data Konfirmasi ini diakses melalu website rekrutmen, atau melalui link yang diberikan untuk materi tes online?
    Terimakasih sebelumnya, Kak..

  25. dera says:

    hai mbak, btw boleh kasih gambaran nggak tes bahasa inggrisnya kyk mana soal2nya atau bisa kasih referensi gitu, makasih

  26. Angga Arifiawan Sudibyo says:

    halo tanya dong, kan tes onlinenya (data confirmation) ada jadwalnya tuh tiap orang, nah boleh ga ya kalo gw loginnya setengah jam setelah jam yg ditentuin?atau emang harus tepat waktu? thanks ya

  27. Rara says:

    Kak mau nanya aku kan lolos tahap administrasi nah bsk harus konfirmasi data, nah itu tuh konfirmasi online di link yg untuk tes online itu atau di home yg e-recruitment sama seperti pas awal apply itu? Trimakasih

  28. Rara says:

    Kak mau nanya aku kan lolos tahap administrasi nah bsk harus konfirmasi data, nah itu kalo mau pengisian konfirmasi data itu tuh di link tes yg dikasih atau di page yg kaya pas awal kita apply?

  29. Iradatul says:

    Kak mau nanya untuk pengisian yg konfirmasi data itu di link yg untuk tes online? Atau di page yg pas kita apply di awal itu? Trimakasih

  30. Gemala says:

    Permisi kak mau nanyak nih. Nah itu sleksi tahap satu (tes online) kan terbagi empat. Apakah dari tes yg satu ke tes dua ada sistem gugur? Atau memang harus mngikuti keempatnya baru pengumuman? Thankyouuuu kak.

  31. Lizza says:

    Mau tanya dong, kira kira telkom membutuhkan brp karyawan utk rekrutmen gel 2 ini ya?🙂

  32. Engkus Kusnandar says:

    Kak terimakasih ya atas informasi nya, salut sama kakak yang fast response ngejawabin pertanyaan, mau nanya dong kak, kakak jomblo ya?

  33. Engkus Kusnandar says:

    Kak terimakasih atas informasinya, salut deh sama kakak yang fast response ngebales komen komennya🙂 mau tanya nih kak, kakak jomblo ya?

  34. denti says:

    pagi kak salam kenal, saya mau tanya , kalau essay nya pake bhs inggris apa indonesia kak, trimss

  35. Nurul Hikmah says:

    Hi Mba Isti,

    Aku mau nanya nih.. Mba Isti bilang, soalnya mirip2 GMAT.. Apa benar serupa GMAT? Ada math nya gitu ya berarti?

    Mohon dibalas ya Mba Isti🙂 Terimakasih..

  36. istiaprillani says:

    Mirip GMAT aja karna lebih banyak artikel/wacana yg lumayan panjang yg udah mencurus ke arah teknik dan bisnis. Tp ga ada math

  37. istiaprillani says:

    Utk jumlah brp karyawannnya sy ga tau pasti, tp yg jelas perlu banyak. Tp itu juga tergantung dengan hasil tesnya dan biasanya ga menutupi jumlah kebutuhan tsb.

  38. istiaprillani says:

    Utk seleksi tahap 1 buat tiap peserta dilakukan satu rangkaian full 4 sesi. Blm ada sistem gugur diantara 4 sesi tsb. Berarti harus mngikuti keempatnya baru pengumuman.

  39. istiaprillani says:

    Iya, lokasi tes itu akan menentukan tahap tes akhir. Seingetku sih itu ga bisa dirubah.

  40. istiaprillani says:

    Tes kesehatan keseluruhan itu mksdnya kyk yg udah aku jelasin diatas, misal tes jantung, darah, dll. Konsul dokter ya nanti akan diperiksa sm dokternya dan di tanya2

  41. istiaprillani says:

    Link data konfirmasi itu sama dengan link tes online yg dikirimkan by email.

  42. Nimas says:

    Kalau traffic webnya saat tes2 setelah data confirm itu setinggi waktu data confirm ngga ya kak?

  43. ary says:

    saya sudah akses link untuk tes sesi pertama, tapi tidak berhasil. saya sudah coba sejak pukul 14.00 tadi..apa yang harus sya lakukan ya??

  44. fatih addin says:

    mau nanya kak. hari ini sy ikut tes tahap 1 online. jadwal tesnya pukul 15:00. kemudian sy klik alamat web yg diberikan oleh PT TElkom pd pukul 14:50, akan tetapi ko ga bisa sy akses yah kak. malahan webnya telkom sendiri ga bisa dibuka
    tolog bantuannya kak

  45. zhezhe says:

    selamat sore, mohon bantuannya terkait dengan lupa username atau password, apakah bisa kita tanyakan ke pihak telkom? bagaimana prosedurnya? terima kasih.

  46. fitria says:

    Kak maaf mau tanya untuk data confirmation link nya yang mana ya? di sini ada batas jam menyelesaikan tp link nya tdk ada… terimakasih🙂

  47. Ela says:

    Kak kalau misalnya sayakan jurusannya teknik , tapi nge applynya jurusan marketing. itu nanti yg knowledgenya jadi seputar marketing ya?

  48. Atika Yulinda says:

    Hallo kak mau tanya dong, apakah ada sistem plus dan minus dalam menjawab soal? Terimakasih

  49. Anton says:

    mau nanya entar tes englishnya apakah ada listening juga.? (persiapan buat nyari internet yang gak lemot kalo misal ada listening :D)

  50. hamdi says:

    Nanya dong kak, pas tes lancar ga servernya? apa bisa jadi melenceng dari jadwal? makasih

  51. fitria says:

    Siang mbk.. Mbk mau tanya yg english ability itu apakah lebih menjurus ke teknik/bisnis pt telkom atau bgmn ya?

  52. Rizky says:

    Halo mba boleh saya tau materi apa yg perlu dipelajari/dipersiapkan untuk english tesnya?

  53. Graha says:

    Kak istiaprillani saya mau tanyak, untuk tes General Cognitive Ability Test – Telkom Way Assessment kan dilakukan secara online, dan mengingat data confirmation sblmnya terjadi server down yang parah, mungkin ada saran yg bs kak istiaprillani berikan dr pengalam tes sblmnya? semisal kl sdh selesai menjawab soal tiba2 loading gk selesai2 apa yg harus dilakukan, atau mungkin ada masalah yg sering terjadi slm tes online tersebut dan apa yg harus dipersiapkan/dilakukan kl hal tersebut terjadi?

    dan untuk tes Telkom Way Assessment apakah pilihan ganda?kl ya apa itu semacam soal yg option jawabannya terdiri dari SS (sgt setuju), S(setuju), R(Ragu2) dst? kl tdk sprt apakan option pilihan ? mungkin msh ingat

    oh ya yg terakhir terimakasih banyak kak sdh mau share pengalamn tesnya, ditunggu ya kak update pengalam OJK ny hehe

  54. ardi says:

    Selamat pagi mbak ??
    Job yg dtawarkan di gptp telkom apasaja yaa mbak ??
    Soalnya saya lupa nglmar dbagian apa hehe
    Thx

  55. Elviannisa says:

    Pagi kak. Mau tanya ? Saya baru aja ujian online yang “General Cognitive Ability” itu ada berapa tahap ya kak? Soalnya cuma ngerjai 3 tahap dan terputus masalah severnya dan time out. Kalau sy hitung sy cuman ngerjai 60 menit sedangkan waktu yg disediakan 90 menit. Konfirmasinya ya kak . Terimakasih

  56. aidiyasafira says:

    kak mau nnya pengumumannya tiap tahap yg lolos itu diumumin di web apa dikirim keemail masing2 ?

  57. Puspita says:

    mba sewaktu mengerjakan rangkaian tesnya apakah terisi semua? kalau tidak banyak ga yg tidak terisi? soalnya saya merasa kurang tadi mengerjakannya huhu:(

  58. Tatar says:

    kak, mau tanya dong… kaka pas waktu general cognitive ability tesnya terjawab semua ga?

    aslinya ga sesuai prediksi.. aq udh ngapalin contoh-contoh TPA tapi ga ada yang keluar..

  59. dhimas wicaksono says:

    kak, yg dapat email dari telkom bearti yg lolos aja atau semua peserta dapat email pngumuman lolosnya?

  60. adri says:

    kak mau nanya, biasanya berapa lama waktu pengumuman dari seleksi tahap 1 sesi 2 ke online interview ya

  61. Dhimas says:

    Kak kalo saat pengumuman dari test online ke tahap interview online, apakah semua peserta menerima email? atau hanya peserta yang lolos saja?

  62. istiaprillani says:

    Semua peserta yang lulus atau tidak akan mendapat emal dari Telkom. Pengumuman tes online sekitar 7-10 hari kerja.

  63. riayunitasari says:

    Mbak, kalau lulusan S2, maksimal persyaratan umur untuk S2 brp ya mbak?
    Lalu, jika S1 mengambil informatika, tapi S2 nya manajemen, nanti ketika mendaftar yg dipilih bagian manajemennya atau informatikanya?

  64. Luthfia Fathona says:

    halo kaa, mau nanya requirement mengenai recomendation letter itu waktu gelombangnya kaka ada atau ngga yaa? kalo ada itu wajib/ tidak terimakasih yaa ka

  65. Gita Juhri says:

    Haloo salam kenal, aku mau tanya dong. Trial online interview nya itu gimana ya mba? Soalnya aku takut gak prepare (pake daster 😂)

  66. sshintaa says:

    Halo. Mau tanya dong kan kita diminta kasih surat referensi. Ada saran gak mending surat referensi itu dari profesional yg pernah kerja bareng kita atau orang dlm telkom? Bakal ada pengaruh gak sih? Thankyou

  67. istiaprillani says:

    Hi, surat referensi sebaiknya dari dosen/pembimbing sewaktu kuliah atau rekan/atasan sewaktu kerja.

  68. statistikacerdas says:

    Halo Kak, mau tanya, untuk surat refernsi, apakah di tahap akhir akan diminta versi hard copy-nya juga? Terima kasih

  69. Cia Laras says:

    Kak, kalo surat referensinya cuma ketua se organisasi dulu waktu di kampus bisa ga ?
    Soalnya ga sempet sama dosen dan saya baru lulus

  70. istiaprillani says:

    Ijazah, nilai TOEFL, dan surat rekomendasi akan diminta bawa nanti di tahap akhir. Dan diminta juga untuk mengumpulkan legalisir ijasah dan surat rekomendasi yang asli.

  71. Arum says:

    Halo mbaa terimakasih sharenya. Saya ikut test akhir july lalu. Tapi belum dapat email. Apakaha bisa bertanya langsung ke pihak telkomnya? Ada call centernya tidak ya mba? Terima kasihj

  72. Iqbal Hanif says:

    Kak maaf mau tanya lagi,
    Alhamdulillah saya lolos ke tahap akhir GPTP Telkom. Saya ingin bertanya, untuk tahap bussiness game, apakah kalah atau menang berpengaruh besar? Misalnya kalau menang pasti lolos atau kalau kalah kemungkinan besar tidak lolos? Terima kasih Kak

  73. Iqbal Hanif says:

    Saya ingin bertanya, untuk tahap bussiness game, apakah kalah atau menang berpengaruh besar? Misalnya kalau menang pasti lolos atau kalau kalah kemungkinan besar tidak lolos? Terima kasih Kak

  74. istiaprillani says:

    Menang atau kalah ga terlalu berpengaruh kok. Yang penting dalam prosesnya tiap individu memenuhi kriteria penilaian.

  75. Atika Narulita Sari says:

    Hi kak isti, salam kenal. Saya juga lolos ke tahap akhir GPTP. Saya ingin bertanya, kalau saat tes kesehatan sedang menstruasi lalu bagaimana ya? Jadi masalah atau tidak (terutama untuk tes urin) ? terima kasih🙂

  76. istiaprillani says:

    Ga masalah kalau tes kesehatan sedang menstruasi. Nanti dibilang saja sama petugasnya.

  77. Mochamad Umar Al Hafidz says:

    Halo mbak, mau tanya kalau seleksi tahap akhir biasanya tes lokasinya dimana yah? Ini soalnya masih belum diumumkan.. dan perlu merancang perjalanan kalau mesti dibandung

  78. Antony Wicaksono says:

    Kak Isti, makasi banget share pengalamannya.
    Menurut pengalaman kak Isti, point point penilaian yang paling utama apa ya kak? Ketika business game dan interview panel?
    Persiapannya kakak dulu waktu mau tes kesehatan apa aja?
    Aku di hari kamis ini tes kesehatan dan jumat itu penilaiannya.
    Makasi kak.

  79. wicaksono says:

    Hi Kak Istia, Mau nanya, pas tahap akhir kan diminta berkas2, nah kalau berkasnya ada yg kurang lengkap gmn ya?

    Terima kasih

  80. istiaprillani says:

    berkasnya kumpulan dulu aja yg ada apa aja, nanti diakhir masa ojt akan diminta/diperiksa lg ko kelengkapan berkasnya

  81. istiaprillani says:

    Tes lokasi akhir biasanya di Bandung sih, cuma gatau kl periode ini ada perubahan lg atau engga

  82. Erlin says:

    haaii kak boleh minta alamat emailnya, saya dapat email panggilan tes tahapan seleksi PT Telkom tapi harus berangkat ke yogya dan test tersbut diadakan dua hari secara langsung. boleh saya minta alamat email kaka . saya mau kirimkan contoh lampirannya karena saya mau tanya-tanya apa informasi ini benar rekruitment telkom atau bukan. terima kasih

  83. Erlin says:

    haaii kak boleh minta alamat emailnya, saya dapat email panggilan tes tahapan seleksi PT Telkom tapi harus berangkat ke yogya dan test tersbut diadakan dua hari secara langsung. boleh saya minta alamat email kaka . saya mau kirimkan contoh lampirannya karena saya
    mau tanya-tanya apa informasi ini benar rekruitment telkom atau bukan. terima kasih

  84. istiaprillani says:

    hi juga. Kalo memang pengumumannya dari website rekrutmen telkom, itu berarti mmg undangan resmi. Kl hanya by email saja, coba diperiksa lagi di web rekrutmennya, nama kamu masuk dlm list atau engga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s