Penerapan Kreatifitas Dan Pengembangan Inovasi

Kreativitas didefinisikan sebagai pendekatan untuk pekerjaan yang mengarah ke generasi ide, proses, atau solusi baru dan tepat. kreativitas merupakan proses yang berkesinambungan dan bukan hasil tindakan tunggal. Kreativitas mencakup kemampuan dalam mengelola beragam matriks informasi, untuk menangguhkan penilaian sebagai kompleksitas meningkat, mengingat secara akurat dan untuk mengenali pola peluang. Kreativitas adalah dasar untuk inovasi dan didukung ketika sumber daya dikelola secara strategis. Kreatifitas mempengaruhi kualitas dan kuantitas dari disruptive innovation dan sustaining innovation.

Creativity and Bisociation

Beberapa tindakan pertama yang mengarah ke kreativitas dan selanjutnya hasil inovasi dari proses yang disebut bisociation. Semakin luasnya pengetahuan individu, maka semakin besar kemungkinan mereka menggunakan proses keputusan bisociation. Bisociation terjadi ketika individu menggabungkan informasi untuk mengidentifikasi peluang atau untuk membantu membentuk keunggulan kompetitif. Bisociation dapat berkontribusi pada pengembangan dan penggunaan inovasi yang pada gilirannya menghasilkan keunggulan kompetitif.

Disruptive and Sustaining Innovation

Ada dua jenis inovasi yang dapat digunakan dan digabungkan dalam perusahaan, yaitu sebagai berikut:

  1. Disruptive Innovation
    Disruptive innovations mengarah pada penciptaan pasar baru dan model bisnis baru. Perusahaan yang menerapkan disruptive innovations mencari peluang entrepreneurship yang dapat menggeser dasar persaingan di industri. Inovasi ini secara proaktif mempengaruhi nasib kompetitif mereka daripada menunggu dipengaruhi oleh evolusi pasar di mana mereka bersaing.
  2. Sustaining Innovation
    Sustaining innovations melakukan perbaikan dalam meningkatkan kinerja yang dianggap sebagai creative creations. Inovasi ini membantu perusahaan memperpanjang keunggulan kompetitif yang ada dan mempromosikan pertumbuhan sebagai jalan untuk penciptaan kekayaan. Inovasi ini lebih berfokus pada mengembangkan proses baru bukan barang baru atau jasa.

Source:
Fontana, Avanti. 2011,2014. Innovate We Can! CIS
Ireland, R.D., Hitt, M.A., Sirmon, D.G. 2003. A Model of Strategic Entrepreneurship: The Construct an its Dimension. Journal of Management, December 29(6), 963-989
Rothaermel. 2013. Strategic Management : Concepts and Cases. McGraw-Hill International Edition
Tidd, J., Bessant, J. 2013. Managing Innovation: Integrating Technological, Market and Organizational Change. John Wiley & Sons; 5th Edition

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s