Entrepreneurial Leadership

Didalam lingkungan perusahaan, diperlukan karakteristik individu yang dapat menjadi pengusaha korporasi yang sukses. Kepemimpinan yang efektif mempengaruhi kesuksesan dari berbagai perusahaan baik ukuran maupun jenisnya. Secara spesifik, entrepreneurial leadership adalah kemampuan untuk mempengaruhi sumber daya secara strategis dalam mencari peluang dan keunggulan bagi perusahaan.

LEADERSHIP CHARACTERISTIC

Setidaknya terdapat 7 karakteristik yang harus dimiliki seorang pemimpin perusahaan untuk menjadi pengusaha korporat yang sukses, yaitu:

  1. Mengerti Lingkungan

    Individu tersebut harus cukup kreatif dan memiliki pemahaman yang luas terhadap lingkungan internal dan eksternal dari perusahaan.

  2. Visioner

    Untuk menciptakan suatu unit usaha baru yang berhasil, pengusaha korporat tersebut harus memiliki mimpi dan dapat mengatasi halangan-halangan untuk mencapai kesuksesan dengan “menjualmimpi” ke orang lain.

  3. Fleksibel dalam membuat pilihan manajemen
    Seorang pengusaha sukses cenderung untuk tidak berfokus pada rutinitas perusahaan, tetapi cenderung untuk terbuka dan mendorong adanya perubahan. Dengan menentang keyakinan dan asumsi dari perusahaan, seorang pengusaha korporat memiliki kesempatan untuk membuat sesuatu yang baru dalam struktur organisasi.
  4. Mendorong adanya teamwork dan menggunakan pendekatan multidisiplin

    Dalam membentuk suatu unit bisnis baru, menaruh bermacam-macam keahlian membutuhkan berbagai struktur departemen yang sudah ada dan sistem pelaporan. Untuk menghindari adanya kekacauan/gangguan, pengusaha tersebut harus menjadi diplomat yang baik.

  5. Mendorong adanya diskusi terbuka

    Sebuah unit bisnis baru yang sukses dalam perusahaan yang mapan hanya bias dibentuk ketika tim yang terlibat bebas untuk mengkritik dan menyanggah ide untuk mencapai solusi terbaik. Tingkat keterbukaan di antara anggota tim bergantung pada tingkat keterbukaan dari pengusaha korporat.

  6. Membangun koalisi dari para pendukung

    Pengusaha korporat harus mendorong dan mempertegas setiap anggota tim, terutama ketika masa-masa sulit. Dorongan tersebut sangatlah penting, sebagaimana motivator dari jenjang karir dan jaminan kerja bukan bersifat operasional dalam membentuk unit bisnis korporat baru. Karena seorang pengusaha korporat akan membuat semua orang merasa sebagai pahlawan.

  7. Gigih
    Sepanjang pembentukan setiap unit bisnis baru, rasa frustasi dan halangan akan terjadi. Oleh karena itu, hanya dengan kegigihan pengusaha sebuah unit bisnis baru akan terbentuk dan sukses.

ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP CHARACTERISTIC

Menurut Cavin dan Slevin (2002), terdapat 6 karakteristik penting yang terdapat pada entrepreneurial leadership. Berikut ini adalah keenam karakteristik tersebut:

  1. Memelihara kemampuan entrepreneurial
    Manusia adalah sumber daya yang digunakan dalam penerapan strategic entrepreneurship. Tujuan utama dari strategic entrepreneurship adalah komitmen dalam mengembangkan kemampuan individu yang berdampak pada perkembangan kemampuan entrepreneurial seperti kecepatan, kreatifitas, dan kemampuan mengelola sumber daya.
  1. Melindungi inovasi yang mengancam model bisnis
    Terkadang individu atau organisasi melihat disruptive innovation adalah sebuah ancaman. Entrepreneurial leaders yang efektif akan berbagi informasi dan terbuka untuk menjelaskan potensi keuntungan yang akan diperoleh kepada anggota organisasi dengan melakukan disruptive innovation.
  1. Melihat peluang menjadi sesuatu yang masuk akal
    Entrepreneurial leaders memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan nilai-nilai dari peluang yang dimiliki dan mengembangkan kemampuan para anggotanya untuk bekerja dengan baik dalam mencapai tujuan perusahaan seperti tujuan pribadi.
  1. Question the dominant logic
    Entreprenurial leaders memposisikan logika di atas asumsi dalam mengidentifikasi nilai yang dimiliki suatu peluang. Logika adalah gambaran pemimpin dalam menciptakan konsep bisnis dan mengevaluasi keputusan penggunaan sumber daya.
  1. Meninjau kembali pertanyaan-pertanyaan sederhana
    Peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui hubungan tujuan perusahaan yang ada dengan perubahan yang terjadi pada stakeholders. Selain itu, hal tersebut perlu dilakukan untuk mencari peluang yang ada dan mengelola sumber daya yang dimiliki perusahaan.
  1. Menghubungkan entrepreneurship dan strategic management
    Entrepreneurial leaders yang efektif  percaya bahwa untuk menciptakan nilai yang lebih baik, perusahaan perlu memiliki entrepreneurial strategis. Hal ini dapat tercapai jika pemimpin mampu mengelola entrepreneurial mindsets dalam membantu mengembangkan budaya perusahaan  dengan sumber daya secara strategis.

 

Source: Covin, J. G., & Slevin, D. P. 2002. The entrepreneurial imperatives of strategic leadership.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s